[SERBA-SERBI] Rhythm Game

Selamat malam!
Kali ini, sesuai yang gue tulis di introduction post, akan mengulas apa sih rhythm game itu... yuk mari disimak! Tinggal diklik "Read More"-nya :D




Rhythm game, atau juga sering disebut rhythm action game adalah jenis game yang menantang pemain dalam segi sense of rhythm (atau dalam bahasa Indonesianya, kepekaan atas ritme lagu). Game yang termasuk dalam genre ini biasanya fokus dalam mengikuti irama musik secara presisi (biasanya ditampilkan di layar) dengan cara menari, memainkan simulasi alat musik tertentu, dan sebagainya.

Sebagai contoh, siapa sih yang tidak mengenal kedua mesin ini...
DanceDanceRevolution (DDR)
Pump It Up (PIU)


DanceDanceRevolution (atau sering disingkat DDR, artinya bukan "dedek-dedek random" ya) sempat menjadi rhythm game paling populer di Indonesia sekitar tahun 2000-an. Lalu seiring berjalannya waktu, Pump It Up (atau disingkat PIU) mulai masuk dan sedikit-sedikit menggeser popularitas DDR dan menjadi rhythm game paling populer saat ini.
Ya, kedua mesin ini memang punya masa nge-hitsnya di Indonesia, walau sebenernya baik DDR maupun PIU masih tetap aktif merilis update versi maupun konten terbaru mereka.

Next, gue rasa ini juga sempat nge-hits, walau masanya terhitung sebentar banget dibandingkan DDR maupun PIU.

GuitarFreaks

DrumMania

GuitarFreaks & DrumMania. Sudah jelas dari namanya, kedua mesin ini adalah rhythm game yang berfokus pada simulasi bermain gitar dan drum. Sekedar informasi, kalian bisa session play di GuitarFreaks dan DrumMania (dengan catatan versi kedua mesin harus sama) secara bersamaan. Gue rasa sekarang kedua mesin ini masih sering dijumpai di beberapa game center (tapi kondisi bagus atau tidaknya bergantung pada perawatan masing-masing game center), dan seiring waktu berjalan, kedua mesin ini sudah "ber-evolusi", terlihat dari mesin DrumMania yang semakin mirip dengan drum asli dengan tambahan left pedal, floor tom dan left cymbal, dan GuitarFreaks yang memiliki controller gitar mirip dengan aslinya, serta jumlah tombol yang dapat dipencet juga bertambah, dengan mengganti namanya menjadi GITADORA (dari bahasa Jepang untuk gitar (ギター / gitaa) dan drum (ドラム / doramu) ).

GITADORA dengan versi saat ini, yaitu GITADORA Tri-Boost
(P.S. : sudah release kok, gambar ini hanya ilustrasi mesin jadi mohon abaikan tanggal location testnya)

Well, rhythm game tidak hanya sekedar simulasi dance ataupun nge-band, tapi juga dikemas dalam bentuk unik dan menarik... misalnya saja seperti yang di bawah ini.

GROOVE COASTER

Ya, GROOVE COASTER (atau RHYTHMVADERS untuk rilis di luar Jepang) mungkin bisa disebut sebagai rhythm game yang cukup unik karena punya konsep "music + rollercoaster", yang bisa dibilang ini tantangan tersendiri bagi pemain. Di Indonesia mungkin konsep rhythm game ini masih terbilang baru dan aneh (karena jalurnya seperti permainan halilintar, dan pemain diwakili oleh sebuah avatar), tapi siapa yang tahu kalau suatu saat nanti game ini akan menjadi rhythm game yang nggak kalah populer dengan game lainnya.

Lalu apa manfaatnya main rhythm game?
Menurut gue, bermain rhythm game dapat melatih kemampuan motorik (misalnya menyeimbangkan gerakan tangan dan kaki), melatih koordinasi kecepatan tangan dan/atau kaki mengikuti irama lagu, sekaligus bisa menjadi alternatif olahraga (buat yang males ke gym). Did you know? Game DDR ternyata dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran di salah satu negara bagian Amerika (lebih tepatnya di Virginia Barat), yang pada awalnya adalah riset yang bertujuan untuk mengurangi angka obesitas pada anak-anak, lho! Ternyata game ini digunakan sebagai step awal buat menurunkan berat badan yang berlebih, namun selanjutnya dibantu dengan jenis cabang olahraga pada umumnya (seperti basket, sepakbola, dsb). Kalian bisa membaca artikelnya dalam bahasa Inggris disini dan disini.
Selain itu, bisa menjadi jembatan buat bertemu dengan sesama pemain rhythm game, bahkan bisa bergabung dalam komunitasnya. Eits, jangan salah, bergabung dalam komunitasnya bukan berarti cuma stop sampai sebatas karena rhythm game, suatu saat kalau butuh bantuan non-rhythm game mungkin mereka bisa membantu. Atau buat mencari jodoh? Bisa, bisa... kalau yang ini nggak perlu dibahas lebih jauh ya :))
Kalian juga bisa baca artikel di Wikiba Asia disini, in case kalau yang gue jelasin belum lengkap.

----------

Afterword

Mungkin kalian bertanya mengapa gue menulis tentang rhythm game... Langsung saja tanpa basa-basi ini dia alasannya:

  • Pertama, bisa dibilang rhythm game adalah jenis game yang dianggap aneh untuk orang awam (khususnya di Indonesia), at least dengan adanya post ini nggak bakalan mengerutkan dahi lagi kalau mendengar kata "rhythm game" atau melihat orang main jenis game ini.
  • Kedua, rhythm game terkadang jarang (atau nyaris tidak pernah) di-update karena berbagai hal, misalnya kurang (bahkan tidak ada) peminat game tersebut, atau online participation system (sistem partisipasi online) seperti halnya diterapkan oleh Konami sejak dirilisnya DanceDanceRevolution 2013 yang kedengarannya "merepotkan". Gue rasa kenapa nggak ngepost sekalian mengenai pengetahuan rhythm game, berhubung Konami Asia sedang membuka angket khusus untuk wilayah Asia Tenggara (minus Jepang) mengenai seberapa besar peminat game yang dirilis oleh mereka. Dan tidak menutup kemungkinan, jika peminatnya dirasa banyak, mereka mau memasukkan game terbaru mereka ke Indonesia, lho! Kalian bisa mengisi angketnya dalam bahasa Inggris disini, dan batas terakhir kalian mengisi angketnya 18 April 2016.
Mungkin segitu dulu bahasan mengenai rhythm game, mulai dari game apa saja yang sempat dan masih nge-hits sampai sekarang, serta manfaat dari main rhythm game. Semoga bermanfaat!

See you at next post, because the rollercoaster of journey still goes on...

Comments

Popular Posts