[REVIEW] maimai PiNK

maimai PiNK

Siapa yang tidak mengenal maimai? Ya, mesin arcade yang tampilannya seperti mesin cuci... dan gue rasa ga ada yang gak pernah liat mesin ini di game center (khususnya kota-kota besar).
Berhubung gue gak bisa tidur, jadi gue mau mengisi blog ini dengan review seri terbaru maimai, yaitu maimai PiNK.




maimai PiNK dirilis di Jepang tanggal 9 Desember 2015, namun baru masuk di Indonesia sekitar bulan Februari-Maret 2016 (butuh klarifikasi lagi, nanti akan diupdate). Untuk sementara baru ada di Timezone dan di beberapa kota saja, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya (kalau ada di kota lain juga akan diupdate).

Versi terbaru ini juga memperkenalkan banyak fitur baru dan perombakan fitur yang sudah ada. Yuk kita intip satu per satu apa aja sih perubahan untuk versi ini...

Yang pertama, kualitas gambar menjadi jernih. Note yang muncul bakalan kelihatan lebih rapi detailnya dan lebih high definition.
Lalu ada tambahan variasi jenis slide. Yang ini gue gak bisa jelasin secara tulisan, jadi kalian harus coba sendiri (maaf ya). Mungkin contohnya seperti ini:



Kalau kalian perhatikan lagi pas main, ada perubahan efek pada break note (note dengan gradasi warna merah dan kuning) yang sekarang mengikuti warna judgement: kuning untuk PERFECT, pink untuk GREAT dan hijau untuk GOOD.

Di seri awal maimai sampai seri sebelumnya (maimai ORANGE PLUS) rank berdasarkan huruf dari D sampai SS, maka di PiNK diubah menjadi F sampai SSS. Kalian bisa mengecek lebih detail mengenai perubahan ini di Wikipedia.

Ada "mata uang" baru dalam meng-unlock konten dalam game, yaitu maiberry. Music ticket dan koin maimile yang dipakai sebelumya hingga maimai ORANGE PLUS dihilangkan, sebagai konsekuensinya, semua lagu yang di-unlock menggunakan music ticket ataupun koin maimile akan otomatis tersedia sebagai default. Namun untuk beberapa parts seperti avatar, player frame, title frame dan sound effect untuk slide & break harus tetap dibeli, tapi tentunya dengan maiberry.


Selain itu ada perubahan sistem dalam memilih lagu. Kalian akan memilih kategori lagu terlebih dulu, baru memilih lagu yang diinginkan. Setelah itu pilih tingkat kesulitan sesuai kemampuan. Walau begitu, kategori ALL MUSIC tetap tersedia.



Jika kalian salah memilih lagu, kalian dapat keluar dalam mode memilih tingkat kesulitan pada lagu tersebut dan memilih lagu lain, selama masih ada waktu.

maimai PiNK juga mengenalkan mode baru, Challenge Track, sebagai metode baru untuk unlock lagu.


Sesuai namanya, kalian diberi life (nyawa) untuk menyelesaikan lagu yang dijadikan Challenge Track. Life akan berkurang jika kalian mendapatkan GREAT, GOOD atau MISS, dan permainan berakhir jika life kalian habis di tengah lagu. Jika kalian berhasil menyelesaikan lagu, maka lagu akan ter-unlock.
Kesulitan untuk unlock? Jangan khawatir, jumlah life biasanya akan ditambah setiap minggu (biasanya di hari Kamis), mulai dari 1 (start awal), 5, 50, hingga 100. Lagu akan otomatis tersedia untuk semua pada minggu berikutnya jika jumlah life sudah mencapai 100 pada minggu tersebut.
Challenge Track hanya muncul di stage terakhir, jika pada stage sebelumya kalian mendapatkan S, tapi kalian juga bisa bermain seperti biasa dengan menekan tombol Back.

Versi baru pasti ada lagu baru, tentunya. Untuk maimai PiNK, ada beberapa lagu-lagu J-Pop dan Anime terbaru, misalnya "Den Den Passion" dari Dempagumi,inc. , "Kakushinteki Metamorphose" dari anime Himouto! Umaru-chan, "Gera Gera Po no Uta" dari anime Yokai Watch, dan sebagainya. Bagi penggemar Vocaloid, "The Disappearance of Hatsune Miku" (atau lebih dikenal dengan "Hatsune Miku no Shoushitsu") juga masuk dalam daftar lagu baru yang bisa dimainkan di maimai PiNK.

Oke jadi sekian review maimai PiNK dari gue karena akhirnya ngantuk, pokoknya kalau belum coba, segera kunjungi Timezone terdekat. You should try! :D

Sampai jumpa di post berikutnya, because the rollercoaster of journey still goes on...

Comments

Popular Posts